karena bahagia bertambah, ketika kita berbagi.

3 Februari 2012

(Review Komik) 5 Menit Sebelum Tayang

Jumat, Februari 03, 2012 Posted by Sylvia Farmasya 2 comments
Halo teman-teman, ketemu lagi bersama saya Sylvia ^^
Teman-teman masih inget sama artikel saya sebelumnya? yang ini --> Ada Apa Dibalik Layar?
Yup yup yup.. di artikel itu sempet aku singgung mengenai Komik 5 Menit Sebelum Tayang

Mungkin beberapa teman-teman disini punya keinginan untuk bekerja di televisi (salah satunya aku xixixi :D). Alasannya kenapa? Hmm mungkin karena suasana yang sepertinya menyenangkan, bisa bertemu banyak orang (artis salah satunya LOL.. :p ), dan banyak hal lainnya. Tapi taukah kamu kalau bekerja di dunia pertelevisian ngga se-gampang yang terlihat? Siaran televisi ngga cuma mengenai tayangnya sebuah acara dan selesai. Ngga! Tapi ada berbagai persiapan, ada kesibukan di balik dinding studio.



Naah, komik 5 Menit Sebelum Tayang ini menceritakan lika-liku kehidupan para pegawai televisi Bagian Berita.
Dari komik ini, kita bisa sedikit mengintip kehidupan mereka, dari mulai jam biologis alias jam tidur yang berbeda dari para pekerja biasanya, tekanan pekerjaan yang menuntut harus senantiasa cepat dan teliti, sampai kisah percintaan manis yang dialami oleh pemeran utama. :D

Menurut saya, keistimewaan dari komik ini adalah tokoh utama yang berbeda dari biasanya. Kalau cerita lain yang mengangkat dunia pertelevisian lebih memilih para wartawan/reporter sebagai pemeran utama, nah disini pemeran utamanya adalah seorang editor video. Bidang yang mungkin tidak kita tahu bagaimana pekerjaannya. Selain itu, jalan ceritanya juga mengalir dan tidak terlalu berat (padahal ini termasuk komik serius, bukan komik humor) ^^
Pokonya komik ini sangat seru untuk dibaca, apalagi untuk teman-teman seperti saya yang sangat tertarik dengan dunia televisi. Dan yang paling penting adalah, komik ini buatan Indonesia (Aku ♥ Indonesia) hehe

Komik 5 Menit Sebelum Tayang ini merupakan komik bulanan, yang dipublikasikan di www.makko.co.
Jadi, buat temen-temen yang suka sama komik ini harus sabar nunggu satu bulan untuk baca chapter selanjutnya. Oh iya, sampe saat aku nulis postingan ini, komik 5 Menit Sebelum Tayang ini udah ada 8 episode.
Tapi, tapi, tapi...ada kabar yang sedikit bikin aku sedih nih temen-temen, soalnya pas di akhir episode 8 ada pemberitahuan kalo komik ini akan ditunda penayangannya 3-4 bulan kedepan. Huwaaaa T-T *nangis*

Naaah, dari pada penasaran..temen-temen langsung aja deh klik link-nya dan langsung baca --> 5 Menit Sebelum Tayang
Oh iya, kalau temen2 mau baca sampe abis, temen-temen harus bikin account dulu. Gratis kok! Tapi kalau temen-temen ngga mau repot, temen-temen juga bisa log-in pake Facebook atau Twitter :))

Hmm..pokonya kalau temen-temen mampir ke www.makko.co akan sangat ketagihan deh, soalnya komiknya bagus-bagus dan menarik untuk dilihat. :))
Nanti kapan-kapan aku bakalan bikin review komik makko yang lainnya deh :p

Terimakasih sudah berkunjung, maaf jika ada kata-kata yang salah..semoga bermanfaat ^^
Salam Manis,
♥ Sylvia ♥

==========================================================================

Edit:
Senin, 10 Maret 2016

Tulisan tambahan ini, aku tulis 4 tahun, 1 Bulan, lebih 7 hari dari postingan original ini. Sebelum aku lanjutkan ke inti pembicaraan ini, aku juga mau ngasih tau bahwa komik 5 menit sebelum tayang ini adalah salah satu komik yang membanggakan karena memenangkan Silver Prize di International Manga Award ke-6 yang diadakan di Jepang. Ini pengumumannya --> Announcement of Winner for the Sixth International MANGA Award waaaaww~ *keren* 

Oke, mungkin untuk mempersingkat tulisan, harusnya aku ubah atau tambah judul diatas, jadi semacam:
5 Menit Sebelum Tayang (yang Tidak Lagi Tayang).

Kalimat diatas, kayanya udah bisa menggambarkan apa yang bakalan aku tulis. Terakhir kali aku baca-baca komik 5 menit sebelum tayang sekitar akhir 2012. Setelah hiatus 3-4 bulan seperti yang aku ceritain diatas, komik ini tampaknya bakalan cuti lagi beberapa bulan, aku tau ini karena tiap minggu aku rajin ngecek apa ada episode baru yang diupload. Padahal ceritanya masih tanggung. Seinget aku, terakhir ceritanya tentang Budi yang nostalgia sama masa kecilnya yang mengidolakan superhero. Apalah aku lupa detailnya. Intinya itu, dan kisah masa kecilnya itu (sepertinya) ada hubungannya sama berita besar yang sedang heboh tentang atlet tanah air. Jadi, perkiraan aku, setelah episode itu bakalan ada episode besar yang jadi sambungan cerita sebelumnya.

Sambil nunggu lanjutan komik ini, aku juga baca beberapa komik lainnya, yang terakhir aku baca adalah Rokki (karena ini yang paling rajin update), dan beberapa judul baru yang belum dibaca.
Tapi aku tetep nunggu berminggu-minggu, berganti bulan, lalu tiba-tiba webnya ngga bisa dibuka. Hal ini aku sadari, gara-gara foto yang aku cantumin diatas ngga bisa ke-load (akhirnya setelah sekian lama, barusan sambil ngetik ini aku upload ulang dari foto yang aku save di laptop). Aku anggap, ya mungkin aja servernya down, sedang maintenance, atau lainnya jadi web Makko ngga bisa dibuka. Lalu beberapa kali berkunjung, web nya juga gabisa terbuka. Dan, karena masa-masa itu aku lagi sibuk-sibuknya sama urusan lainnya, jadi akhirnya aku ngga nengok-nengok lagi ke web Makko.

Kemudian semua berubah waktu (aku lupa bulan berapa ngeceknya) sekitaran awal tahun 2015, aku iseng buka fanpage facebook 5 Menit Sebelum Tayang, dan pas aku buka fanpage nya, ada postingan bulan Desember 2014 yang seolah kalau komik ini akan terbit kembali. Waah, aku girang bukan main, langsung aja aku klik website Makko. dan.... webnya berubah jadi bahasa Jepang.
Jadi selama ini Makko emang udah ngga aktif lagi. Sedih sih kalo inget itu. Waktu itu sempet nyesel juga, kenapa nge-review disininya kurang rinci, seengganya bisa bikin cerita sekilas tiap episode gitu. Karena, selain buat bagi-bagi cerita sama temen-temen yang baca, biar aku juga bisa inget ceritanya. Karena jujur, aku sekarang udah lupa ceritanya kaya gimana. Inget sih, tapi dikit.

==============
Tentang Makko
==============

Sumber Gambar

Selain sedih karena komik 5 menit sebelum tayang emang ngga akan tayang lagi di Makko, sedih juga web Makko kayanya udah dibeli (domainnya) sama pihak lain. Terus aku juga ngga nemu jawabannya kenapa website Makko yang keren itu ditutup. Padahal, di taun-taun itu, diantara web gratis baca komik buatan Indonesia yang aku sering kunjungin, web itu yang paling bagus sendiri. Bukan berarti web lain kaya komikoo dan ngomik jelek, cuma disana komiknya ngga disaring dulu, jadi kita harus cari-cari yang memang bagus menurut kita. Naah, kalo Makko tuh isinya emang komik pilihan, dari segi gambar dan alur cerita lebih enak diikutin, jadi kita kaya baca komik premium tapi gratis.

Selain komik 5 menit sebelum tayang yang emang langsung memikat aku buat baca terus dan terus, aku juga baca beberapa komik lainnya, yaitu:

Mantra, Sumber Gambar
1. Mantra
Komik ini (seinget aku) komik pertama yang udah diupload sampe tamat pas aku pertama kali buka webnya. Kalo ngga salah (ini beneran kalo ngga salah yaa.. maaf kalo salah, inget kalo salah, aku nulis 4 tahun kemudian looh ini sungguh), nyeritain tentang seorang perempuan, pelukis yang sedang mencari ide untuk lukisan terbarunya (bener ga sih? ahh tau deh) lalu baca buku, ngga taunya itu buku mantra dan dia masuk ke alam lain. Dan disana dia bertemu dengan penari laki-laki, laluuu~ *ahh nanti spoiler, soalnya sebenernya aku cuma inget endingnya*. Tapi aku paling suka gambar komik ini. Bentuknya kaya lukisan, baguuuuus sekali, beda dari komik lainnya.




2. Raibarong
Raibarong, Sumber Gambar
Ini dia, salah satu komik favorit. Soalnya ceritanya lucu, komedi gitu. Ceritanya (kalo ngga salah) tentang makhluk (dia bukan manusia) yang menumpas kejahatan. Dia nyari seseorang, tapi aku lupa dia nyari orang itu buat apa yaa. *oke stop, sungguh aku lupa ceritanya, tapi yang aku ingat, komik ini salah satu favorit aku. (favorit kok lupa -_-)

3. Rokki
Rokki, sumber gambar
Ini komik yang paling rajin update antara 1-2 minggu sekali, kadang juga seminggu 2 kali. Ceritanya tentang persahabatan anak SMA, tentang mengungkap kasus korupsi dewan sekolah, mecahin misteri rumah hantu, naksir-naksiran, pokonya semuanya dilakukan sama Rokki dan sahabat-sahabatnya. Ada pula episode tokoh komik Heart menjadi bintang tamu di komik Rokki (ntar komik Hearts aku jelasin di point selanjutnya). Hal menarik lainnya adalah, komik ini kadang suka tiba-tiba muncul dengan gaya yang berbeda, di satu episode ceritanya disambungin sama cerita Timun Mas, ada juga Harry Potter. Tapi ceritanya tetep nyambung, malah bikin tambah berwarna.

4. Hearts
Hearts, Sumber Gambar
Tau Blogger terkenal Elle and Jess, kakak-adik yang cantik dan fashionable itu? Beberapa taun silam, ternyata mereka membuat Girlband. Kaget? Jangan dong. Nama Girlbandnya adalah Hearts. Naah, menurut aku mereka bikin promosi yang unik dengan komik yang jadi pilihan media promosinya. Komik ini dibuat oleh Jessica (Jess), salah satu anggota girlbandnya dan ilustratonya sama dengan yang membuat Rokki (maafin kalo salah, aku lupa) makanya ada episode antara Rokki dan Hearts dalam satu frame. Ceritanya tentang perjalanan 4 perempuan yang membuat girlband, dari awal mula terbentuk, melakukan berbagai latihan, membuat lagu, berganti pemain, tampil di berbagai acara, sampai akhirnya Girlband bentukan Dea Ananda ini bubar ditengah jalan karena masalah internal. Awalnya aku kira ini cuma fiksi, tapi begitu cari-cari info ternyata memang udah keluar teasernya di youtube, sampai dulu ada threadnya di kaskus.

Guardian, Sumber Gambar
5. Guardian
Naah kalo ini cerita tentang masa depan. Di masa ini, superhero itu udah kaya "product" yang dibikin sama perusahaan/televisi tertentu. Tapi penjahatnya beneran ada, cuma pahlawannya dilatih dulu, dibikin rancangan kostumnya, ntar pas muncul efek-efeknya bakalan ada apa aja, sampe ada reporter khusus buat si pahlawan ini. Yang paling aku inget, si pemeran utama ini butuh uang dan akhirnya menjalani pelatihan menjadi superhero baru di laboratorium.



Wanara, Sumber Gambar
6. Wanara
Komik ini yang aku ingat adalah cerita awalnya tentang pembentukan kelompok yang akan membasmi kejahatan. Semacam generasi baru yang akan menggantikan kelompok lama (itu kalo ngga salah yaa). Ini ceritanya bagus, tapi karena aku bacanya banyak dan tiap kali buka berbarengan sama baca komik lainnya juga, jadi aku ngga ingat persis detailnya gimana.

7. Komik Spesial Ulang Tahun Makko
Komik ini dibuat dalam rangka perayaan ulang tahun ke-1 Makko, dan (hampir) semua tokoh komik yang tergabung di Makko baik yang sudah dipublish maupun belum (masih coming soon), berkumpul, dan akhirnya hadir di acara perayaan ulang taun Makko. Karena setiap komik gaya penggambarannya beragam, jadi tiap halaman digambarkannya juga beragam, tapi kalau tidak salah, sebagian besar disatukan dengan gaya gambarnya Rokki. Maaf yaa ngga pake ilustrasi, yang ini susah banget nemu gambarnya.

Agathology, Sumber Gambar
8. Agathology
Ini termasuk komik baru yang hadir di Makko, aku juga cuma baru sempat baca beberapa. Soalnya begitu komik 5 menit sebelum tayang ngga update lagi, aku jadi lihat web Makko-nya cuma sesekali hehe. Ceritanya tentang manusia biasa yang mendapat pekerjaan menjadi guru baru di sekolah antah berantah, di daerah antah berantah. Maksudnya, daerah itu asing sekali, bahkan ternyata penghuninyapun asing semua. Ibu Agatha ini sampe shock begitu tau muridnya aneh-aneh semacam medusa, pocong, drakula, nyai rorokidul (yang ini aku lupa, tapi kayanya ada), dan guru lainnya juga aneh. Jadi inti ceritanya adalah bagaimana Ibu Agatha bisa bertahan hidup di sekolah itu. Ceritanya lucu, komedi banget.



9. Kentang
Kentang, Sumber Gambar
Naah ini juga komik baru sekaligus komik terakhir yang aku inget, dan aku cuma sempat baca beberapa. Komik komedi ini menceritakan tentang kehidupan di SMK Tata Boga. Bagaimana kehidupan belajarnya, suka-dukanya, dll. Kentang itu adalah nama tokoh utama di komik ini. Lucu yaa.. heheh

=================
Akhirnya Terjawab
=================
Karena emang ngga ada pernyataan resmi kenapa website nya akhirnya ditutup, dan yang nanya juga ngga mendapatkan jawaban, akhirnya lama-lama aku bisa move on dan melupakan makko *hah, lebay amat aku ini*. Dan pada suatu hari, setelah sekian lama dalam kegelapan, di sekitaran pertengahan-akhir 2015 (lupa tanggal dan bulannya), salah satu komikus yang aku follow (lupa yang mana yang nge-share, buset lupa mulu di postingan ini. Tapi aku inget linknya), dia nge-share tautan tentang curhatan foundernya kenapa Makko akhirnya tutup usia. Teman-teman bisa baca sendiri curhatannya disini The End of Makko and to the Brave Old World.
Akhirnya tercerahkan, mengapa semua ini terjadi. Intinya, sebaik-baiknya founder, crew, contributor, dan semua yang terlibat di dalamnya, tetap aja semua ini (Makko dan seluruhnya) ngga akan bisa berjalan kalau ngga ada dana yang menyokong. Terlebih, mereka tetap ingin ngasih yang terbaik dengan komik yang bisa kita baca gratis itu.

Tapi, jangan sedih. Sekarang ada hal yang baru. Mereka membuat "brand" baru yang bernama Kosmik, ini tuh jadi semacam buku yang tiap bukunya berisi beberapa komik buatan Indonesia. Salah satu komik di dalemnya adalah Raibarong. Team nya juga masih mirip-mirip yang bikin Makko, dan ada websitenya juga. Sampai sekarang saat aku nulis ini, aku belum tau isinya kaya gimana, soalnya belum dapet undangan *pfffftttt.. perkiraan aku sih mirip-mirip sama makko waaaaaah~ linknya bisa teman-teman klik disini www.kosmik.id

Panjang banget ya ternyata postingan ini. Asalnya cuma mau bikin tambahan catatan kecil, taunya jadi curhatan panjang. Udah berbulan-bulan banget pengen nulis ini disini, tapi selalu urung hahaha. Oh iya, mengenai alasan kenapa sih ngga dibikin postingan terpisah aja padahal mah panjang, lebih panjang dari postingan aslinya, tidak lain tidak bukan karena ingin postingan ini tetep hidup aja sih. Soalnya kan sambil mengenang komik favorit 5 menit sebelum tayang heheh. Aku juga berharap semoga komik 5 menit sebelum tayang ada terusannya, di Kosmik misalnya, atau di tempat lain juga ngga apa-apa. Soalnya sayang banget kalo komik bagus kaya gitu ngga berlanjut.

Satu lagi, karena postingan tambahan ini baru dibikinnya sekarang dan Makko nya udah tutup, jadi aku ngga sempet screenshot cover atau bagian komiknya. Jadi, aku ambil dari web lain, sumbernya juga udah aku sertain di bawah garmbarnya. Lumayan juga nyarinya, harus menggali agak dalam hahaha.. terimakasih buat teman-teman yang dulu memposting, maaf yaa aku pinjam gambarnya :')

Mohon maaf juga kalau ada kata-kata yang salah, kurang berkenan, penyampaian yang keliru, dan sebagainya. Sebagai pertimbangan bahwa tulisan ini dibuat 4 Tahun setelah postingan aslinya, dan bertahun-tahun setelah terakhir baca-baca komiknya, jadi pasti banyak kesalahan, dan karena kurangnya daya ingat juga yang membuat ngga bisa nulis siapa nama komikus-komikus hebat yang membuat komik di Makko. Terimakasih banyak ya teman-teman sudah mampir dan membaca.

Sekian dari Aku,
Salam Manis,
♥ Sisil ♥

2 komentar:

  1. Blog yng kreatif dan lucu, boleh juga nih klo kunjung2 balik... syukur2 mau komen/ follow :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak sudah mampir kesini ^^
      Nanti saya akan blogwalking kesana hihihi :D

      Hapus